Sabtu, 16 Mei 2009

Aksi perawatan orthodontics


Pesawat orthodontics memiliki brbagai macam bentuk; baseplate sederhanan dengan dua cengkram, susunan yang rumit dari arch dan screen dari pesawat Frankel atau filigree dari kawat kecil, locpin, bonding attachment, dan elastik dari tahap III Begg light wire. Semua alat ini, memiliki sati persamaan yaitu menghasilkan sistem tekanan yang mengontrol secara alami posisi gigi-gigi.
Aksi pesawat orthodontics adalah untuk memodifikasi dengan cara tertentu, sistem tekanan alami dari gigi deligi. pesawat dapat melakukan dengan hal ini dengan menekan gigi-geligi atau memodifikasi dan mengubah arah tekanan alami yang terjadi pada gigi gigi selama aktivitas fungsional normal dari rahang wajah.

Menurut hukum mekanis, setiap aksi menghasilkan reaksi seimbang denga arah yang berbeda, yang berlaku juga untuk pesawat orthodontics. Bila tekanan atau aksi yang dikeluarkan, pada gigi dari pesawat, reaksi terhadap tekanan harus diidentifikasi dan didistribusikan agar tidak menimbulkan efek berbahaya. hal ini didapat dengan mendistribusikan beban reaksi pada daerah jaringan sebesar mungkin untuk mengurangi tekanan (gram per milimeter persegi) sekecil mungkin. Penjangkaran dapat diperoleh dengan berbagai cara, seperti berikut:
1. penjangkaran sederhana
2. penjangkaran resiprokal
3. penjangkaran statis
4. penjangkaran intermaksilari
5. penjangkaran ekstra-oral

Tidak ada komentar:

Posting Komentar